Sabtu, 16 April 2011

Batu Angkek-Angkek,Keajaiban Alam dari Batusangkar














Pesona  Batu Angkek-angkek:

1. Berawal dari mimpi Dt. Bandaro Kayo, salah seorang Kepala Suku Kaum Piliang, ditemukan sebuah batu yang ganjil dipandang mata.

2. Terletak di Nagari Tanjung Kec. Sungayang sekitar 11 km dari Kota Batusangkar

3. Dipercaya masyarakat sebagai penguji apakah suatu keinginan atau cita-cita akan terkabul atau tidak, jika batu ini sanggup diangkat, berarti keinginan akan terkabul, jika tidak terangkat, maka keinginan tidak terkabul.

4. Ada orang yang berbadan besar tapi tidak bisa mengangkat batu ini, tapi ada orang yang tidak berbadan besar tapi sanggup mengangkat batu ini.



Menurut penjaganya yang merupakan keturunan Datuak Bandaro Kayo yang ke sembilan.Batu itu pertamakali ditemukan oleh Datuak Bandaro Kayo ketika akan memancang tonggak (tiang) rumah.
Konon dahulunya,Datuak Bandaro Kayo adalah kepala kaum suku Piliang bermimpi didatangi oleh seorang ulama besar Syech Ahmad,dalam mimpinya Syech Ahmad berpesan agar Datuak Bandaro Kayo mendirikan sebuah kampung.Sekarang kampung itu adalah Kampung Palagan.
Keanehan terjadi ketika Datuak Bandaro Kayo memulai memancangkan tonggak pertama.Ketika itu terjadi gempa lokal yang disusul dengan hujan panas selama empat belas hari empat belas malam.Dengan terjadinya peristiwa tersebut masyarakat mengadakan musyawarah.Pada saat musyawarah itu berlangsung terdengar suara aneh yang berasal dari lubang tempat Datuak Bandaro Kayo memancangkan tonggak pertama itu.Suara itu memberitahukan bahwa didalam lubang tersebut ada sebuah batu.Suara itu juga berpesan agar batu itu dijaga baik-baik.
Oleh Penemunya Datuak Bandaro Kayo Batu itu diberi nama Batu Pandapatan yang maksudnya batu yang didapat.
Entah siapa yang memulai atau siapa yang bermimpi batu tersebut dapat meramal nasib,sampai sekarang tidak diketahui.Yang didapati dari yang tua-tua hanya sebuah kepercayaan bahwa batu tersebut dapat meramal nasib seseorang dengan cara mengangkatnya.
Oleh karena batu ini sering diangkat (oleh setiap orang yang meramal nasibnya).Maka saat sekarang Batu ini lebih terkenal dengan nama Batu Angkek-Angkek ketimbang BatuPandapatan. (Angkek=Angkat).
Batu ini dipercaya oleh masyarakat memiliki kekuatan gaib dapat meramal nasib seseorang entah iya, entah tidak,entah lah.Yang jelas orang cukup banyak mendatangi Rumah Gadang keturunan Datuak Bandaro Kayo tersebut,mulai dari masyarakat sekitar,lokal dan juga nasional.

2 komentar:

MEDIA PROMOSI mengatakan...

Baa kaba balai tabuah.... ambo urang subarang labuah
www.swalayanfitnes.com

Anonim mengatakan...

salamaik pagi dunsanak..??
bulia ndak awak bagabuang di situs ko ciek?
bsa ndak wak punyo akun..??bia bisa lo wak mamasuak an berita-berita (informasi) kampuang wak di siko,,,
tarimo kasih sabalum ee dunsanak aa....

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes